tulis apapun!!

belajar nge-blog dengan hati..

User Login

On 0 komentar

sumber gambar
Anda ingin menulis novel? apakah anda membayangkan 'sebuah cerita' dan sama sekali tak mampu menuangkannya ke dalam kertas. Sangat bersemangat menulis tapi kemudian kebingungan menuliskannya? Jika benar, aka mungkin beberapa saran di bawah ini bisa membantu anda dalam penulisan novel anda.

1. Anda butuh kerangka
Beberapa orang mengatakan, kalau mereka menulis tanpa kerangka, mengalir dan kemudian menjadi lembar-lembar tulisan yang sempurna. jika anda mampu menulis novel dengan cara seperti itu, maka saya 'iri' pada anda. (dan anda mungkin tidak perlu membaca artikel ini). Tapi kebanyakan penulis butuh kerangka karangan untuk membentuk ide-ide mereka. Tidak perlu memasukkan tiap detail dari novel anda, cukup frameworknya saja. Dan bisa anda kreasikan serta tambahi selama anda mengerjakan nove anda.

2. Point of View
Tentukan sud
ut pandang yang ingin anda gunakan, dan mulailah terikat dengan sudut pandang itu (jangan terlalu sering berubah-ubah) karena hal tersebut membingungkan pembaca. Gunakan sudut pandang "omniscient" (orang yang serba tahu tentang jalan cerita). pengecualian bagi penulis yang sudah mahir mengatur POV.

3. Dialog
Baca percakapan ceritamu dengan keras, pastikan bahwa pembaca memahami maksud yang ingin anda sampaikan. Kalaupun menimbulkan pemahaman berbeda, usahaan jangan terlalu jauh melenceng.

4. Konsep Dramatis
Bayangkan anda menulis uraian singkat isi buku, dapatkah anda merangkumnya dalam beberapa kalimat? jika tidak, maka anda butuh konsep dramatis yang lebih kuat. (belum ngerti aku bagian ini.. hehe)

5. Tensi dan eskalasi
Cerita yang bagus butuh konflik. Konflik yang mengalami 'peningkatan'. dan tentukanlah 'level' dari konflik anda.

6. Tunjukkan jangan Ceritakan
Hal ini adalah pola lama, tapi ini benar. Jika tokohmy marah, jangan hanya katakan 'Ia marah'. letakkan ia pada situasi yang akan membuat ia marah. TUNJUKKAN bagaimana ia bereaksi.

7. Kesalahan 'Nyata'
Ini adalah yang paling penting. Betapapun hebatnya kata-kata anda, atau berapa kali anda mengoreksi. Anda mungkin akan terlewat melihat salah ejaan, susunan kalimat yang salah, salah penempatan tanda baca, dll. Mintalah orang yang anda anggap bisa mengoreksinya.

diterjemahkan oleh saya secara asal2an hehe nih sumbernya essortment. com

0 komentar:

Post a Comment

komentar anda akan langsung muncul tanpa ada moderasi!! mohon untuk tidak menggunakan 'anonymous' ^^