tulis apapun!!

belajar nge-blog dengan hati..

User Login

On 1 komentar

Oleh: Koko Nata
Ditulis ulang oleh Sugiarti di forum diskusi FTD  
sumber gambar

Kemarin di masjid UI seorang teman mengemukan jenis-jenis penulis yang membuat saya senyam-senyum. Menurutnya di kalangan teman-teman FLP ada sebutan

1.Penulis Teoritis: ini sebutan untuk penulis yang tahu dan menguasai banyak teori, sering berteori tapi dalam segi karya, ia justru belum menerapkan teorinya itu.

2. Penulis Industrialis: penulis jenis ini, rajin menulis buku sesuai dengan permintaan atau perkembangan pasar. Misalnya di toko buku novel Ayat-ayat Cinta sedang laris, dia bikin turunannya seperti Ayat-ayat Benci, Ayat-ayat Rindu, Ayat-ayat Nikah dll

3. Penulis Kepompong: Nah kalau penulis jenis ini proses kreatifnya lamaaaaaaaaaaaaaaaaaa sekali. Namun ketika mengeluarkan karya, kualitasnya prima. Mirip kupu-kupu yang harus bermetamorfosis dahulu untuk menjadi serangga yang indah

4. Penulis Petasan: yaitu penulis yang ketika menerbitkan karyanya, bikin sensasi atau kehebohan kayak orang hajatan dengan petasan! Pokoknya ramai luar biasa. Setelah itu hilsng dari peredaran dan nggak tahu rimbanya....

Saya garuk-garuk kepala sambil terus tersenyum mendengar uraian dari teman saya itu. Saya penulis jenis apa, ya? Atau ada lagi penulis jenis lainnya.

1 komentar:

M. Ilham said...

wah keren ya. dulu aku pernah kasih naskah ke seorang temen yang kuliah di bandung. dia bilang dosennya anggota FLP. tapi seperti yang udah aku duga, karna sadar akan kualitas tulisanku, naskahnya nggak tembus. tapi sampe sekarang masih pengen bisa nerbitin buku. ayo berjuang. banzai! hahay...

Post a Comment

komentar anda akan langsung muncul tanpa ada moderasi!! mohon untuk tidak menggunakan 'anonymous' ^^