tulis apapun!!

belajar nge-blog dengan hati..

User Login

On 0 komentar

sumber gambar
4. Gunakan Struktur
Bagi beberapa penulis, pembuatan struktur di awal menulis mempu membuat pekerjaan mereka lebih mudah. Penulis-penulis ini lebih memilih menuangkan struktur cerita terlebih dahulu, barulah membangun 'rencana'.

Penulis lainnya menempatkan ide-ide mereka ke dalam sejumlah kata berlimpah. Kertas-kertas yang berantakan di ruang kerja, dalam mobil, dll. penulis seperti ini mengumpulkan seluruh 'bahan' sebelum akhirnya menentukan struktur.

Kedua pendekatan tersebut akan sangat bergantung pada personality tiap-tiap penulis. Kedua tipe penulis tersebut membutuhkan struktur untuk mendukung pemahaman pembaca.

Tak ada satu struktur yang paling benar dalam membuat sebuah buku seperti struktur sebuah bangunan. Beberapa struktur ada yang linear, membawa langkah demi langkah dari awal hingga kesimpulan.

Penulis lainnya mungkin akan membuat struktur seperti tangga spiral, membawa pembaca mengelilingi topik, selalu membawa pembaca ketempat yang lebih tinggi hingga akhirnya sampai pada 'kamar rahasia' di paling puncak bangunan, dimana disana pembaca mampu memandang topik lebih jelas.

mau pilih struktur nyg mana?? terserah anda.

0 komentar:

Post a Comment

komentar anda akan langsung muncul tanpa ada moderasi!! mohon untuk tidak menggunakan 'anonymous' ^^