tulis apapun!!

belajar nge-blog dengan hati..

User Login

On 3 komentar

sumber gambar
Sudah malam, tapi teman yang gantiin jaga nih warnet belum juga datang. Saya iseng searching tips-tips nulis, dan ketemu salah satu laman di http://www.writershelper.com dan saya akan coba kemas ulang dengan bahasa saya. siap?? ayo kita kemon..

Pembaca akan menghormati karya anda yang berkualitas. dan dibutuhkan usaha sedikit lebih keras untuk mencapai karya yang berkualitas. Kata-kata anda hendaknya merengkuh hati dan otak pembaca, kata-kata yang menginspirasi, kuat, tajam, mendidik sekaligus menghibur. 

Dan bila beberapa point di atas adalah juga point-point yang ada dalam karya anda, maka pembaca akan 'menghormati' karya-karya anda, menyarankan pada teman-teman mereka bahwa karya anda layak untuk dibaca, bahkan mereka akan menantikan karya-karya anda selanjutnya. dan inilah beberapa tips yang mungkin bisa dipraktekan dalam dunia tulis-menulis anda.

1. Tunda dulu proses editing
Kita menulis dalam dua tingkatan; kreatifitas (alam bawah sadar), dan kritis (alam sadar). Alam bawah sadar mengha
silkan kreatifitas dan kata serta gambaran yang powerfull. Anda harus menghargai kreatifitas yang anda miliki. Dan jangan 'terlalu dini membayangkan kritikan editor', jika kau ragu akan kreatifitsmu, jika kau ragu akan pengucapan, tata kalimat, EYD pada saat anda menulis, maka anda menulis tak ubahnya seperti pensil yang tumpul.
Bagaimana 'membuka' alam bawah sadar anda dan membiarkan proses menulis mengalir? ada banyak cara, dan dibawah ini adalah beberapadiantaranya
  • Brainstorm kata atau gambaran dari topik anda: Jangan berhenti mengevaluasi kelebihan topikmu, teruslah menuliskan ide-ide anda. dan bila anda sudah tak mampu lagi menuliskan satu kata pun. Berhentilah untuk sesaat, biasanya ide-ide yang lebih 'kuat' akan muncul setelah ide-ide yang anda anggap berharga telah dituliskan semua.
  • Menulis dengan mata tertutup: Tak penting jika anda tak bisa membaca apa yang anda tulis, anda hanya sedang membiarkan otak anda melakukan 'kesalahan' dan biarkan saja itu terjadi.
  • Sambil mendengarkan musik: Berexperimentlah musik apa yang paling 'nyaman' menemani anda saat menulis
barulah meng-edit jika anda telah benar-benar menyelesaikan tahap 'kreatifitas' anda. Masalah EYD dsb, EYD hanya mensupport tulisan anda 'bergetar'. bukan sebaliknya menciptakan tulisan yg bergetar.

2. Tulis apa yang anda tahu
Apa yang anda suka? Apa yang membuat anda getol nyari-nyari informasi? Apa yang anda ketahui? Ketika anda menulis tentang apa yang anda ketahui, anda menulis dengan 'otoritas'. Orang-orang mendengarkan anda, karena anda adalah orang yang 'tahu'. Anda menarik perhatian, karena anda tertarik melakukannya. dan pengetahuan anda adalah anugrah untuk dibagi.

3. Research
Lebih dalam, lebih bagus. Selalu ada hal lebih yang mesti anda pelajari. Pastikan bahwa anda telah mengetahui informasi terhangat tentang apa yang hendak anda tulis. Dan jika ada perbedaan pendapat pada 'area' tersebut, maka pahami. Dan pendapat anda akan menjadi lebih kuat dan akurat.
Yelah, tapi saye nulis fiksi...
cuy, tulisan fiksi akan jadi lebih kuat dengan riset yang baik. The details of fiction need to be as accurate as the details of nonfiction. Tau Margaret Atwood? wanita yang memenangkan The Booker Prize atas bukunya The Blind Assassin. dan lihatlah acknowledgment di belakang bukunya, 2,5 halaman panjang untuk perpustakaan, arsip, dan musium.

4. whoaaaaaam ngantuk, dah jam dua nih... besok lanjut lagi ya,,, :D

3 komentar:

na maku ti gakata said...

sumber.. http://www.writershelper.com/writingtips.html

Anonymous said...

mw curhatt: aku suka nulis2 cerita baik nyata maupun maya, tapi kebiasaan jelek aku adalah selalu berhenti ditgh jalan,,dan cerita yang aku tulis ga perah full slsy..jd ceritanya menggantung,,
gmn caranya biar kbiasaan aku itu hilang..
tlg ya komentarnya..
makasih..

na maku ti gakata said...

alamat emailnya apa??
ntar saya kirim via emai ja..
ga enak disini, kesannya saya dah master bgt...
pdhl sama saja.. kita sama2 belajar... ^^

Post a Comment

komentar anda akan langsung muncul tanpa ada moderasi!! mohon untuk tidak menggunakan 'anonymous' ^^