tulis apapun!!

belajar nge-blog dengan hati..

User Login

On 0 komentar


Ini cerpen tentang apa sih? ini cerpen tentang apa bukan berarti plot. Tema adalah ide pokok, atau beberapa ide yang dikembangkan dengan cara kerja literasi. Cerpen yang baik sejatinya memiliki gambaran lugas tentang apa yang hendak diangkat penulis. Jadi pemilihan tema adalah salah satu faktor kunci keberhasilan sebuah cerpen. 

Kebanyakan penulis pemula(termasuk saya) biasanya berlama-lama di opening, dan kunci pokoknya malah terabaikan.Penulis, sejatinya memanfaatkan ruang sempit pada cerpen sebagai bahan untuk mengeksplor tema utama, menggarisbawahi pesan yang hendak disampaikan agar mampu tercerna dengan baik (tentu saja bukan dengan menggurui, hargai intelektualitas pembaca)

FOKUS
Bukan seperti novel, dibutuhkan kejelian penulis cerpen untuk memasukkan banyak hal ke dalam jumlah huruf yang terbatas. Oleh karena itu, Fokus pada satu isu bisa membuat sebuah tema yang berhasil. Jangan biarkan tema melebar.
Mengetahui apa yang hendak anda sampaikan adalah salah satu cara agar tulisan kita tidak bias dan melebar. Ingatlah! Ide awal ketika anda hendak menulis cerita anda, Jika ditengah tulisan ada ide lain yang masuk dan itu bisa 'diatur' untuk menyokong ide utama. Masukkan. tapi jika tidak, lebih baik abaikan, karena akan merusak ide utama.

UNIK
Tak bisa dipungkiri, dunia kepenulisan cerpen semakin berkembang. Beragam pilihan disodorkan pada pembaca. Tema yang unik bisa membuat sebuah cerpen lebih berwarna dan berbeda (tentu saja, cara pengemasan tulisan juga harus diperhatikan) Seunik apapun, jika dikemas biasa-biasa saja tidak akan lebih menarik dari tema sederhana yang dikemas luar biasa.
Jika anda adalah seorang yang menanamkan kesungguhan untuk menjadi Penulis, maka yakinlah pasti akan ada saatnya menemukan ide-ide brilian tentang tema yang akan diambil, lebih unik, lebih powerfull dari yang anda bayangkan.
Seseorang yang gemar mengamati lingkungan sosial atau apapun itu, juga biasanya lebih mudah mengembangkan ide. So, mulailah berpetualang dengan keranjang idenya

KEJUTAN YANG BERMAKNA
Hampir semua manusia menyukai 'surprise'. Dibuat merinding, terharu, kocak dll. Tema yang baik bisa membantu penulis memberikan kejutan pada pembaca, bahkan mungkin bukan hanya kejadian tak terduga tapi juga memiliki makna yang menggema lebih lama di benak mereka. Mencerahkan.

0 komentar:

Post a Comment

komentar anda akan langsung muncul tanpa ada moderasi!! mohon untuk tidak menggunakan 'anonymous' ^^