tulis apapun!!

belajar nge-blog dengan hati..

User Login

On 0 komentar

Jujur, saya sangat jarang sekali membaca novel, cerpen, puisi atau apapun yang berbau Surealis. Dan hari ini, saya mendapatkan pencerahan, bahwa aliran ini memiliki daya pikat tersendiri. Berikut saya kabarkan pada kalian beberapa ilmu yang saya dapat di kelas cendol (Sebuah ajang diskusi online tentang kepenulisan).

Inilah surealis, sebuah gerakan (termasuk dalam sastra) yang pada awalnya lahir dari dunia mimipi dan alam bawah sadar. Maka tak heran karya surealis selalu menghadirkan cerita-cerita yang aneh, ganjil dan irasional.
-Agus Linduaji-

Dengan ilmu saya yang masih sempit tentang aliran ini, plus referensi  yang sangat tidak memadai yang saya miliki. Saya mencoba menafsirkan. Bahwa aliran ini membutuhkan 'kesabaran dan kegigihan' extra untuk bisa memahami apa yang dimaksud dari cerita surealis. Membutuhkan ilmu dan daya hayal yang juga luar biasa bagi penulis untuk membuat karya surealis yang menarik. Kalau boleh saya simpulkan, kebanyakan penulis surealis adalah orang yang 'gila'. Orang yang berfikir tidak wajar dari orang kebanyakan seperti saya. Sehingga melahirkan karya-karya yang ganjil, bahkan tabu.


Jika dikatakan bahwa Surealis berawal dari mimpi dan hayalan. Maka aliran lain juga bisa dihayalkan bukan? tapi aliran ini memaksudkan 'mimpi dan hayalan' tadi bukan seperti mimpi dan hayalan aliran lain. Jika fantasy lebih 'mendongeng' maka surealis lebih 'real' tapi tetap tidak masuk akal *nah loh, bingung kan? sama hehe. Surealis lebih mengkritisi, menggugat, blak-blakan, bahkan cenderung menggunakan bahasa yang apa adanya. Meski tetap susah dipahami.(tergantung pembacanya, bagi orang awam seperti saya mungkin saja susah, tapi bagi surealis-holic bisa jadi sangat mudah mencernanya)


Surealis itu aneh. Bagaimana mungkin seorang pengemis bisa menjadi patung karena terlalu lama berdiri? Bagaimana mungkin seorang ibu melahirkan burung gagak?


Entahlah ah, bingung.

Source: Jum'at cendol, 22 juli 2012: menulis surealis. di diskusi fiksi.menulis fiksi. membaca fiksi. (Universal nikko+mayokO aikO)

0 komentar:

Post a Comment

komentar anda akan langsung muncul tanpa ada moderasi!! mohon untuk tidak menggunakan 'anonymous' ^^