tulis apapun!!

belajar nge-blog dengan hati..

User Login

On 0 komentar

SUmber gambar
Tak dipungkiri kalau tiap-tiap manusia memilki berbagai karakter berbeda. Dan judul posting kali ini (Keripik Singkong Super Hot) tak ada sangkut paut sama sekali sama panganan ubi tersebut... qeqeqeqeq... kali ini kita akan membahas kritik (kali aja msih sodaraan ma kripik).

Siapa sih yang senang di kritik? banyak kok yg senang banget dikritik, dan biasanya orang-orang sukses adalah peribadi open-minded yang bersedia dikritik selama kritik-kritik tersebut membangun. Tapi tidak sedikit juga manusia yang sangat parno dgn kritikan. 
Jika anda tanyakan kepada saya, saya termasuk ke golongan yg mana? jujur nih... kalau masalah personal dan kehidupan saya agak sedikit 'sensi' kalao dikritik. Lalu apa yang saya lakukan ketika ada kritikan yg mampir dikehidupan saya?
1. saya ga bakal balik nyerang tuh orang dengan kritik yg lebih pedas, (karena saya bukan seorang ahli yg bisa dgn mudah berkomunikasi verbal dan langsung cuap2 ngalahin krtikian yg disampaikan)
2. se kesal apapun dengan orang yg nyampein tuh kritikan, saya bakal ngangguk2 aja (ngindarin konflik) hehehee
3. kalau cara dia mengkritik ga bener (misal: marah2, terlalu mencerca, atau sejenisnya) sebenar apapun krtik yg disampaikan tetap ga bakal menjadi suatu kebenaran ditelinga saya.... 

Tapi saya juga bisa menjadi ke golongan orang yg open-minded ketika ada yang mengkritik tulisan saya (ga tau knapa) Saya merasa perlu lebih belajar lagi dari kritikan2 yang disampaikan...

berdasarkan pengalaman dan beberapa sumber yang saya baca... apa yg sebaiknya anda lakukan sebelum mengkritik..
1. Sampaikanlah dengan santun
2. Berusahalah untuk tidak menggurui, bahkan kalau bisa merendahkan diri (jangan anggap orang yg kita kritik adalah pribadi bersalah yg bisa kita caci maki semau kita)
3. Jangan emosional
4. Kenali masalah lebih dalam
5. Beri solusi
6. Buka dan Tutup kalimat kritikan anda dengan sesuatu yg menyanjungnya...
7. Tunggu moment dan kondisi yg menunjang buat mengkritik
contoh: "Mengkritik seorang temen yg malas brsih2 kost (hehehe)"
"Bro,gw mo minta waktunya bentar nih.. (sambil nyengir jg gpp) tadi gw liat kost sebelah tempatnya rapi pisan ga kayak kost kita. kita sama2 tau kl lu ma gw jg sibuk.. gw jg tau kl gw jg sma malasnya dgn loe (mesti nyata2 kl kita rajin ehmmmm prikitiew) Gimana kl kita bikin jadwal buat bersihin kost kita? <---(solusi) maaf ni sebelmnya,, bneran gw bukan mo nge judge elo males bersih2.. cm mo tempat tinggal kita rapi, tp gw salut ma loe yg bisa bangun pagi ga kayak gw yg bngun siang mulu.. gmna kl loe yg bersihin pagi ntar gw siang ato sore gpp.. ya itu sih kl loe spakat ma usul orang cakep barusan!!! "

0 komentar:

Post a Comment

komentar anda akan langsung muncul tanpa ada moderasi!! mohon untuk tidak menggunakan 'anonymous' ^^